SOAL TUGAS SITE MANAGER


Soal

1.      Jika anda ditugaskan sebagai Site Manager, Apa langkah yang anda lakukan untuk proyek pebangunan Pos Security dengan waktu 120 Hari tersebut agar dapat berjalan sesuai kontrak? Jelaskan Strategi Anda Berdasarkan 5M Sumberdaya Proyek (Man, Money, Methode, Machine, Material)!

Jawaban:

            Jika Saya ditugaskan sebagai Site Manager, yang saya lakukan adalah menyusun strategi yang tepat dalam proses pembangunan dari awal pemberiskan lahan hingga finishing pebangunan. Hal yang perlu diperhatian agar segara startegi mampu berjalan baik ialah, Plan, Actuating and Control. Karena ke 3 hal ini lah yang dapat menuntun ke Goals yang ada.

            Dan juga ada yang Namanya T.M.Q yaitu Time Money and Quality yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu proyek Konstruksi. Semua proses mempunyai Prioritas dan juga harus mengorbankan sesuatu namun harus memilih pengorbanan seminimal mungkin, ketikas 6 hal diatas dapat ditangani dengan baik.

            Sebagai seorang Site Manager Saya Harus dapat Mengatur Time Schedule yang baik agar targer 120 hari dapat tercapai dengan baik. Jal hal yang harus diperhatikan juga adalah 5M (Man, Money, Methode, Machine, Material) dimana ke 5 Sumberdaya ini sumberdapa proses pembangunan suatu proyek konstruksi.

            Strategi saya adalah :
1.      Man, untuk Manusia yaitu adalah pekerja yang ada. saya akan menyesuaikan hitungan pekerja yang akan dipekerjakan sesuai dengan tugas lapangan yang ada. Agar lebih efisien dan lebih efektif.
2.      Money, untuk Uang saya akan memanfaatkan secara efektif dan efiesien agar pemakaian nya tidak boros dan seuai dengan RAB yang ada.
3.      Methode, untuk Strategi saya akan menerapkan strategi dimana agar pengerjaan dapat terselesaikan engan deadline 120 hari dengan kualitas yang baik.
4.      Machine, untuk machine karena ini adalah proyek skecil tidak dibutuhkannya mesin mesin berat ataupun alat-alat yang rumit dalam hal ini manusia dapat mengerjakan proyek tampa mesin.
5.      Material, untuk ,material akan disesuaikan kebutuhannya, pemilihan kualitas dan juga penggunaan material yang baik agar dapat mencukupi dan juga stok material yang harus di reload agar pekerja selalu ready untuk bekerja dan target 120 hari dapat tercapai.

Demikian pendapat saya Jika saya dipercaya sebagai Seorang Site Manager, Saya akan laukan hal yang terbaik agar Goals yang ada dapat tercapai dan memuaskan. Terimakasih


Popular posts from this blog

PERINSIP PERANCANGAN ARSITEKTUR 2

METODE GLASS BOX