METODE GLASS BOX


Analisis adalah adalah suatu usaha untuk mengamati secara detail sesuatu hal atau benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau penyusunnya untuk dikaji lebih lanjut.

Metode Glass Box (Metode Kotak Kaca) adalah metode berpikir rasional yang secara obyektif dan sistematis menelaah sesuatu hal secara logis dan terbebas dari pikiran dan pertimbangan yang fidak rasional (irasional), misalnya sentimen dan selera. Metode ini selalu berusaha untuk menemukan fakta-fakta dan sebab atau alasan faktual yang melandasi teradinya suatu hal atau kejadian dan kemudian berusaha menemukan alternatif solusi atas masalah-masalah yang timbul. Metode berpikir seperti ini lazim pula disebut sebagai reasoning.

Jadi, Analisi Bangunan dengan Metode Glass Box adalah Cara mengamati suatu bangunan dengan berpikir untuk menemukan fakta-fakta tentang bnagunan tersebut yang telah di desain dan mencari solusi tentang permasalahan yang ada.


A.   ANALISIS MATERIAL
       Rumah yang saya tinggali ini merupakan tipe rumah sebagian dinding bata dan kayu, memiliki lahan yang luas, untuk area rumah saja dapat berukuran Luas ±180m² dengan halaman Depan dan Belakang yang Luas dan juga memiliki Garasi Mobil di samping Rumah.
       Rumah ini awalanya adalah rumah Kayu yang telah melaui beberapa kali renovasi, seiring waktu berjalan renovasi yang dilakukan untuk memperindah rumah ini.
      Pada awalnya pemilik rumah menggunakan Cat Tembok namun untuk alasan tertentu pemilik rumah menggunakan Wallpaper sebagai Pengganti cat di dinding untuk area luar bangunan dan area ruang tamu, selebihnya masih menggunakan catembok dan kayu.

B.  NALISIS BAGIAN DALAM RUMAH
Rumah ini adalah rumah yang didesain pada umumnya untuk rumah tinggal dan memiki denah ruamh yang sedikit tak ber aturan karena, merupakan pengembangan dari bagian utama dari rumah tersebut untuk menciptakan ruang lebih yang di butujkan oleh penghuni rumah.

Renovasi yang di lakukan untuk mengubah sebuah rumah panggung menjadi rumah dengan lantai keramik dan dinding bata mengubah bentuk rumah ini dan menyisakan, 1 ciri khas dari rumah panggung yang memiliki  perbedaan ketinggian yang menandakan bahwa adanya 2 bagiani yang berbeda pada rumah tersebut.

Material yang digunakan pada rumah ini adalah Sebagian dinding Bata dan Kayu di dalam Rumah ada 2 Area yang satu di Naikan 15cm dari muka tanah. Dan satu lagi sama dengan tinggi muka tanah.
Peninggian tersebut karena pada awal mulanya rumah ini adalah rumah panggung jadi yang mendesain rumah ini masih meninggalkan kesan rumah panggung di mana area depan lebih tinggi dari pada daerah belakang yang biasanya adalah area dapur dan area toilet atau kamar mandi.

Rumah ini diddesain oleh seorang tukang yang mengerti cara mengubah rumah panggung menjadi rumah biasa pada umumnya agar lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman namun tidak sepenuhnya mengahapus kebudayaan yang ada atau cirikhas yang ada pada rumah panggung yang sebelumnya menjadi identitas dari rumah ini.

Rumah ini memiliki keindahan di area ruang tamunya karena memiliki hiasa yang sangan menarik yang di tempatkan di beberapa sisi dan model prabotan yang di gunakan memeberikan kesan mewah untuk sebuh rumah tinggal

Jumlah Ruang yang ada di dalam bangunan:
-          4 Kamar                                  -   2 Toilet
-          1 Ruang Tamu                         -   1 Area Sumur
-          1 Ruang Keluarga                   -   1 Area Jemuran
-          2 Dapur                                   -   1 Parkir Motor
-          1 Ruang Makan

C.   ANALISIS BAGIAN BELAKANG RUMAH
Area Belakang Khusus digunakan untuk kebutuhan seperti mencuci piringn mencuci pakaian, menjemur dan untuk kamar mandi darurat jika dalam keadaan mati lampu dan tidak ada air di toilet pertama. Area Sumur menjadi salah satu Alternatif untuk dimanfaatkan ketika dalam keadaan tertentu .
Alternative seperti in sangat penting agar dalam keadaan tertentu pemilik rumah tidak khawatir akan matinya listrik dan membutuh kan air untuk kebutuhan sehari- hari. Setiap rumah di darerah ini memiliki seumurnya masing masing yang telah ada sejak bangunan masih berbentuk rumah panggung pada zaman sebelumnya.

KESIMPULAN
Rumah ini sama dengan rumah lain pada umum nya hanya saja memiliki sejarah ketika dalam proses pengembangan ruang yang ada sehingga menciptakan banguna rumah yang sulit di mengerti karena memiliki beberapa bagian rumah.

Bagaimana sebuah rumah itu terlihat biasanya mencerminkan penghuni yang ada di dalamnya, berbeda type rumah mencirikhaskan perbedaan pada pola piker manusia dalam menginginkan bagai mana rumah tinggal yang ideal untuk meraka tempati dan itu merupakan hal yang umum untuk di pahami secara sederhana.

Popular posts from this blog

PERINSIP PERANCANGAN ARSITEKTUR 2